Kunci Jawaban Pelatihan - 4.21 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) - Pintar Kemenag
Kunci Jawaban Pelatihan - 4.21 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) - Pintar Kemenag
1 dari 10 soal
Perhatikan
beberapa tahapan berikut! Mengidentifikasi tingkat kesiapan madrasah Membentuk
tim fasilitator projek Menyusun modul projek Merancang dimensi, tema, dan
alokasi waktu Merancang strategi pelaporan projek Urutan tahapan yang benar
dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar adalah ....
A 2, 1, 4,
3, 5
B 1, 2, 4,
3, 5
C 1, 2, 3,
4, 5
D 4, 3, 2,
1, 5
2 dari 10 soal
Tujuan
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil
Alamiin adalah .…
A Sebagai acuan
utama untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta
didik.
B Penguatan
identitas khas bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sebagai rujukan karakter
pelajar Indonesia dan moderasi beragama dengan kompetensi dalam konteks
perkembangan Abad 21.
C Agar setiap individu dapat menjadi pelajar
sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai
Pancasila.
D Untuk
mewujudkan kehidupan berbbangsa dan bernegara yang moderat dan penguasaan
kompetensi abad 21.
3 dari 10 soal
Berikut
adalah pemetaan Dimensi-Nilai, tema dan alokasi waktu P5-PPRA yang dilakukan
oleh guru MA
Tema yang
paling tepat pada huruf A-B-C berturut-turut adalah….
A
Kewirausahaan-Kearifan Lokal- Bhineka Tunggal Ika
B Kearifan
Lokal-Bhineka Tunggal Ika-Kewirausahaan
C Kearifan
Lokal- Kewirausahaan- Bhineka Tunggal Ika
D Bhineka
Tunggal Ika-Kearifan Lokal-Kewirausahaan
4 dari 10 soal
P5 dan PPRA
merupakan profil yang diwujudkan bergandengan dalam satu kegiatan. Berikut ini,
pernyataan yang benar mengenai keduanya adalah…
A P5
mengandung dimensi, elemen, dan subelemen. Sementara PPRA mengandung nilai,
subnilai, dan indikator.
B P5
mengandung nilai, subnilai, dan indikator. Sementara PPRA mengandung dimensi,
elemen, dan subelemen.
C P5
mengandung dimensi, elemen, dan indikator. Sementara PPRA mengandung nilai,
subnilai, dan subindikator.
D P5
mengandung dimensi, subnilai, dan indikator. Sementara PPRA mengandung nilai,
elemen, dan subelemen.
5 dari 10 soal
Penyataan
yang benar tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil
Rahmatan Lil Alamin adalah…
A Profil
Rahmatan Lil Alamin dapat terlihat dari peserta didik yang beriman,
berkebhinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif
B Profil
Pelajar Pancasila dapat terlihat dari peserta didik yang berkeadaban,
keteladanan, toleransi, konsisten, dinamis, inovatif
C Profil
Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab pertanyaan profil (kompetensi)
seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan di Indonesia
D Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil Alamin merupakan dua konsep
yang berbeda yang dalam prosesnya tidak dapat dilakukan bersama.
6 dari 10 soal
Projek
Penguatan Profil merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang
diorientasikan untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan
lingkungan sekitar peserta didik. Projek Penguatan Profil di madrasah
diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu: 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2)
Profil Pelajar Rahmatan lil alamin. Terkait Projek Penguatan Profil Pelajar di
madrasah tersebut, pernyataan berikut yang tidak
tepat adalah ....
A Projek
Profil Pelajar Pancasila dan Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin memiliki
asesmen masing-masing.
B Projek
penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin dijalankan dalam
bentuk kokurikuler, namun dapat juga intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
C Madrasah
dapat memilih mana yang harus dijalankan dahulu antara Projek Profil Pelajar
Pancasila atau Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin.
D Projek
penguatan profil pelajar Pancasila memiliki dimensi, elemen, dan sub-elemen.
Sedangkan Profil Pelajar Rahmatan lil alamin memiliki nilai, sub-nilai, dan
indikator.
7 dari 10 soal
Manusia
diciptakan oleh Allah SWT. berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Sekalipun
demikian, hal ini tidak berimplikasi terhadap perlakuan yang berbeda. Di
hadapan Allah, yang manusia manusia satu dengan yang lain hanyalah ketaqwaannya
semata. Konsep inilah yang diusung untuk ditumbuhkembangkan dalam penguatan
profil pelajar Rahmatan Lil Alamin melalui nilai ....
A
Berimbang (tawāzun)
B
Kesetaraan (musāwah)
C
Berkeadaban (ta’addub)
D
Keteladanan (qudwah)
8 dari 10 soal
Modul projek
dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya. Modul
tersebut setidaknya memiliki komponen berikut: profil modul, tujuan, aktivitas,
dan asesmen. Penentuan tema dan topik atau judul modul, fase atau jenjang
sasaran, dan durasi kegiatan terdapat dalam komponen…
A profil
modul
B tujuan
C aktivitas
D Asesmen
9 dari 10 soal
Indah
seorang pengurus OSIS di Madrasah B. Setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, ia
mendapat tugas untuk menjadi Petugas Sapa Pagi. Kegiatan Sapa Pagi dimulai
pukul 06.15 hingga 06.30 WIB. Indah hadir di madrasah pukul 06.00 WIB. Yang
Indah lakukan merupakan salah satu bentuk pengamalan Profil Pelajar Rahmatan
lil Alamin, yaitu
A tasamuh
B tawasuth
C qudwah
D syura
10
dari 10 soal
Ada 5
tahapan yang harus dilakukan madrasah/sekolah dalam mendesain P5-PPRA. Kegiatan
yang bukan merupakan tanggung jawab tim fasilitator adalah…
A menyusun
modul projek.
B merancang
dimensi, tema, dan alokasi waktu.
D merancang strategi pelaporan hasil projek.
Komentar