KUNCI JAWABAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA - 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) - IKM - Pintar Kemenag
Soal - Soal Pelatihan IKM dan Kunci Jawaban 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
1 dari 10 soal
Pada setiap
mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi
pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP
tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk
mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan
fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut,
kecuali ….
A Memberi
kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan
peserta didik
B
Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran
yang efektif bagi peserta didik
C
Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara flkesibel
D Mendorong
guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan
perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas
2 dari 10 soal
Capaian
Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai
peserta didik pada setiap fase. Dalam CP terdapat dua unsur utama yaitu....
A kompetensi
dan tujuan
B materi dan
tujuan
C kompetensi
dan materi
D alur dan
kompetensi
3 dari 10 soal
Semua
peserta didik berhak mendapatkan layanan pembelajaran termasuk Peserta Didik
Berkebutuhan Khusus (PDBK). Apabila di suatu sekolah/madrasah terdapat PDBK
yang memiliki kendala berkaitan dengan hambatan kognitif, maka yang harus
dilakukan adalah....
A tetap
disamakan dengan peserta lain yang bukan PDBK
B memberikan
les tambahan setelah pulang sekolah
C adaptasi
kurikulum dengan menurunkan standar pada Capaian Pembelajaran
D modifikasi
kurikulum dengan cara memodifikasi cara belajar
4 dari 10 soal
Implementasi
Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran, bukan dalam
arti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun
lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik. Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran
dimaksud tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali ….
A Guru
senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta
didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
B Guru
menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi
permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain
C Guru
menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan untuk membantu
peserta didik mengembangkan kompetensi
D Pada awal
tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan
pencapaian sebelumnya
5 dari 10 soal
Dalam
Capaian Pembelajaran Matematika terdapat kalimat ”Dengan demikian, relevansinya
dengan profil pelajar Pancasila, Mata Pelajaran Matematika ditujukan untuk
mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas peserta
didik”. Kalimat tersebut merupakan bagian dari komponen CP yaitu....
A rasional
mata pelajaran
B tujuan
mata pelajaran
C elemen
setiap fase
D
karakteristik mata pelajaran
6 dari 10 soal
Kurikulum
Merdeka sendiri adalah pendekatan kurikulum yang dirancang untuk mengurangi
beban belajar siswa, mengembangkan kreativitas dan kecerdasan beragam
mereka, serta membangun karakter yang kuat. Salah satu aspek utama dari
Kurikulum Merdeka adalah memberikan fleksibilitas kepada guru dalam merancang
dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa dan karakteristik
lokal. Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah … .
A
melanjutkan peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan
B mengajari
murid berdasarkan pengalaman mengajar guru
C
menyederhanakan materi pembelajaran agar mudah dipahami siswa
D
menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman
7 dari 10 soal
Salah satu
prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan
dilaksanakan untuk membangun kapasitas peserta didik untuk menjadi pembelajar
sepanjang hayat. Terkait prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut
merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru terhadap peserta didik, kecuali ….
A Guru
senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta
didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
B Guru
memberikan tugas atau pekerjaan rumah yang ditujukan untuk mendorong
pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan
C Guru
memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas
untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari
D Guru
mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri
dan area yang perlu dikembangkan
8 dari 10 soal
Perhatikan
tabel di bawah ini! Dari tabel di atas, yang merupakan tujuan dari assesmen
awal adalah …
A 2 dan 3
B 1 dan 4
C 1 dan 2
D 2 dan 4
9 dari 10 soal
Pembelajaran
dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Terkait
hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak
dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai
kompetensi dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan
diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali ….
A Guru dapat
mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika
diperlukan
B Guru harus
memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan
peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal
C Guru perlu
merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat
pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran
D Sepanjang
proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui
sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik
10 dari 10 soal
Pada
kurikulum merdeka, pembelajaran lebih terfokus pada kemampuan peserta didik
untuk mengeksplorasi sebuah materi. Tugas guru bukan lagi sebagai pemberi
materi, namun berubah menjadi fasilitator. Yang menjadi fokus utama dalam
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah …
A fokus pada
guru sebagai sumber utama pengetahuan
B fokus pada
kurikulum yang kaku dan terstruktur
C fokus pada
kebutuhan dan minat peserta didik sebagai pusat pembelajaran
D fokus pada
evaluasi yang hanya berorientasi pada hasil akhir
Komentar