Kunci Jawaban - 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - Pintar Kemenag Terbaru
Kunci
Jawaban - 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - Pintar
Kemenag
1 dari 10 soal
Dalam satu
semester, seorang guru sosiologi menetapkan 10 TP di mata pelajarannya. Untuk
mendapatkan nilai akhir di semester tersebut, hal yang harus dilakukan adalah …
A Melakukan asesmen minimal separuh TP yang ditetapkan. Mengukur
dengan data kuantitatif dan kualitatif. Tidak Mencampur dengan
asesmen formatif.
B Melakukan asesmen sebanyak TP yang ditetapkan. Mengukur dengan data
kuantitatif. Mencampur dengan asesmen formatif
C Melakukan
asesmen sebanyak TP yang ditetapkan. Mengukur dengan data kuantitatif
atau kualitatif. Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.
D Melakukan 1 kali asesmen di akhir. Mengukur dengan data kuantitatif atau
kualitatif. Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.
2 dari 10 soal
Salah satu
prinsip asesmen adalah bahwa asesmen merupakan bagian terpadu dari proses
pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik,
sebagai umpan balik bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali siswa
dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya. Adapun penerapan yang tepat
asesmen dalam pembelajaran tergambar berikut….
A Pendidik
menentukan kriteria ketercapaian pembelajaran dan menyampaikannya pada peserta
didik, sehingga mereka memahami target yang perlu dicapai.
B Pendidik
menggunakan teknik asesmen yang beragam sesuai dengan fungsi dan tujuan
asesmen. Hasil dari asesmen formatif digunakan untuk umpan balik pembelajaran,
sementara hasil dari asesmen sumatif digunakan untuk pelaporan hasil belajar
C Pendidik
menyediakan alokasi waktu yang cukup agar asesmen menjadi proses pembelajaran
dan bukan hanya untuk kepentingan menilai
D Pendidik
merencanakan pembelajaran dengan merujuk pada tujuan yang akan dicapai dan
memberikan umpan balik agar peserta didik dapat menentukan langkah untuk
perbaikan berikutnya.
3 dari 10 soal
Berikut
merupakan fungsi asesmen hasil pembelajaran. alat ukur untuk mengetahui
pencapaian hasil belajar peserta didik pada satu atau lebih tujuan pembelajaran
di periode tertentu; melihat hasil pembelajaran yang sudah dilakukan pendidik
setelah proses pembelajaran sebagai bentuk umpan balik; menentukan kelanjutan
proses belajar peserta didik di kelas atau pada jenjang mendapatkan nilai
capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran (KKTP) yang telah Yang termasuk fungsi asesmen sumatif adalah…
A (1), (2),
dan (3)
B (2), (3),
dan (4)
C (1), (3),
dan (4)
D (1), (2),
dan (4)
4 dari 10 soal
Seorang guru
Sosiologi merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan adalah agar
peserta didik mampu memahami keragaman manusia dan budayanya sebagai bagian
dari masyarakat multikultural. Guru tersebut melakukan penilaian dengan
menugaskan peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan
pengetahuannya ke dalam berbagai macam produk sesuai keinginan peserta
didiknya. Teknik penilaian yang tepat untuk digunakan adalah ... .
A Observasi
B Kinerja
C Portofolio
D Projek
5 dari 10 soal
Perhatikan
tabel di bawah ini!
Berdasarkan
tabel di atas, perbedaan dari asesmen formatif dan asesmen sumatif yang tepat
adalah … .
A Baris D
B Baris B
C Baris A
D Baris C
6 dari 10 soal
Pada
Kurikulum Merdeka diharapkan pendidik dapat menguatkan kemampuan peserta didik
dengan melakukan asesmen formatif dalam proses pembelajaran. Berikut merupakan
contoh kegiatan asesmen formatif…
A Peserta
didik mengerjakan soal yang dibuat pendidik setelah menyelesaikan materi pada
satu tujuan pembelajaran
B Setelah
pembelajaran berlangsung pendidik menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik
untuk mengetahui tingkat penguasaan materi untuk memberikan umpan balik
C Pada akhir
pembelajaran, setelah menyelesaikan satu capaian pembelajaran, pendidik
melakukan asesmen
D Pendidik
menyusun soal pilihan ganda setelah peserta didik mempelajari semua materi pada
akhir semester
7 dari 10 soal
Pak Rasyid
adalah MTs Assa’adah. Setelah melakukan pembelajaran tentang shalat berjamaah,
ia meminta peserta didik berbagi peran, ada yang menjadi imam ada yang menjadi
makmum, untuk mempraktikkan shalat berjaah di mushola madrasah. Sambil membawa
instrumen penilaian, Pak Rasyid mengamati praktik shalat berjamaah yang
dilakukan peserta didik. Teknik penilaian yang tepat untuk digunakan adalah….
A Unjuk
kerja
B Tes lisan
C Penugasan
D Tes tulis
8 dari 10 soal
Guru perlu
mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik. Hal pertama yang
harus dilakukan adalah …
A
Mengidentifikasi diferensiasi pembelajaran
B Menentukan
interval nilai minimal
C Merancang
bentuk penilaian
D Menetapkan
indikator ketercapaian
9 dari 10 soal
Diantara
jenis instrumen asesmen yang disiapkan oleh pendidik dapat berupa suatu pedoman
yang dibuat untuk menilai dan mengevaluasi kualitas capaian kinerja peserta
didik. Melalui pedoman tersebut, pendidik dapat memusatkan perhatian pada
kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik sekaligus mempertimbangkan
bantuan yang dapat diberikan kepada peserta didik dalam meningkatkan Capaian
kinerja dimaksud dituangkan dalam bentuk kriteria atau dimensi yang akan
dinilai, yang dibuat secara bertingkat dari kurang sampai terbaik. Deskripsi di
atas menggambarkan instrumen asesmen berupa….
A Catatan
anekdot
B Grafik
Perkembangan
C Ceklis
D Rubrik
10
dari 10 soal
Pembelajaran
dalam Kurikulum Merdeka dilaksanakan menggunakan prinsip mastery learning.
Setiap peserta didik mempelajari tujuan pembelajaran yang sama dalam setiap
pertemuan. Mereka juga mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi. Yang perlu
dilakukan jika ada peserta didik yang tidak dapat mencapai kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran adalah…
A menetapkan
mitra dari kawan sefase untuk bantu mendampingi.
B memberikan
perlakuan khusus agar dapat naik kelas.
C
menggunakan otorisasi menaikkan secara langsung ke jenjang selanjutnya.
D memberikan
pendampingan untuk mencapai kriteria yang ditetapkan.
Komentar